Choose a Bible Book or Range
Type your text here
Ignore Case
Highlight Results

December 03, 2009

BUKAN JALAN TOL

JIKA ANDA BERHENTI KARENA TERHAMBAT BERARTI ANDA KALAH
Nats: Karena itu, Saudara-saudaraku yang terkasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! (1 Korintus 15:58)

Bacaan : Nehemia 6
Setahun: Roma 12-16

Jalan tol adalah jalan bebas hambatan. Jalan tol dibangun dengan tujuan supaya setiap pengendara mobil tidak perlu mengalami kemacetan di jalan raya. Dengan demikian, para pengendara mobil akan semakin cepat sampai di tempat tujuan.

Akan tetapi, kita tidak dapat berharap bahwa kemudahan dan kelancaran yang terjadi di jalan tol, juga terjadi di dalam hidup kita. Hidup kita sama sekali bukan jalan tol. Justru dalam hidup ini kita kerap kali menemukan hambatan. Bahkan, ketika kita hendak melakukan hal-hal baik.

Demikian pula pengalaman Nehemia ketika hendak membangun kembali tembok Yerusalem. Pada awalnya, segala persiapan serta jalan yang akan ditempuh tampak lancar. Akan tetapi, di tengah proses pembangunan datanglah hambatan dari Sanbalat dan Tobia. Sanbalat dan Tobia, yang tidak suka pembangunan tembok itu dilakukan, berencana untuk membunuh Nehemia (ayat 2). Di dalam pikiran mereka, apabila Nehemia mati, bangsa itu akan kehilangan sosok pemimpin. Dan, itu menjadi alasan yang kuat untuk menghentikan pembangunan tembok Yerusalem. Sampai-sampai ia juga menyuap orang Semaya, orang yang dekat dengan Nehemia (ayat 10-13). Namun, Nehemia tetap berfokus pada proses pembangunan. Maju terus pantang mundur. Dan Allah melindungi Nehemia, sehingga pembangunan tembok itu pun selesai (ayat 15).

Tidak jarang dalam hidup ini kita mendapat hambatan. Cara yang terbaik untuk mengatasinya adalah tetap memfokuskan diri pada pekerjaan baik tersebut, dan terus berjalan. Kita harus selalu ingat bahwa tujuan hambatan hanya ingin membuat kita berhenti.

Nehemia 6

1. Ketika Sanbalat dan Tobia dan Gesyem, orang Arab itu dan
musuh-musuh kami yang lain mendengar, bahwa aku telah selesai
membangun kembali tembok, sehingga tidak ada lagi lobang,
walaupun sampai waktu itu di pintu-pintu gerbang belum kupasang
pintunya,
2 maka Sanbalat dan Gesyem mengutus orang kepadaku dengan
pesan: "Mari, kita mengadakan pertemuan bersama di Kefirim, di
lembah Ono!" Tetapi mereka berniat mencelakakan aku.
3 Lalu aku mengirim utusan kepada mereka dengan balasan: "Aku
tengah melakukan suatu pekerjaan yang besar. Aku tidak bisa
datang! Untuk apa pekerjaan ini terhenti oleh sebab aku
meninggalkannya dan pergi kepada kamu!"
4 Sampai empat kali mereka mengirim pesan semacam itu kepadaku
dan setiap kali aku berikan jawaban yang sama kepada mereka.
5 Lalu dengan cara yang sama untuk kelima kalinya Sanbalat
mengirim seorang anak buahnya kepadaku yang membawa surat yang
terbuka.
6 Dalam surat itu tertulis: "Ada desas-desus di antara
bangsa-bangsa dan Gasymu membenarkannya, bahwa engkau dan
orang-orang Yahudi berniat untuk memberontak, dan oleh sebab itu
membangun kembali tembok. Lagipula, menurut kabar itu, engkau mau
menjadi raja mereka.
7 Bahkan engkau telah menunjuk nabi-nabi yang harus
memberitakan tentang dirimu di Yerusalem, demikian: Ada seorang
raja di Yehuda! Sekarang, berita seperti itu akan didengar raja.
Oleh sebab itu, mari, kita sama-sama berunding!"
8 Tetapi aku mengirim orang kepadanya dengan balasan: "Hal
seperti yang kausebut itu tidak pernah ada. Itu isapan jempolmu
belaka!"
9 Karena mereka semua mau menakut-nakutkan kami, pikirnya:
"Mereka akan membiarkan pekerjaan itu, sehingga tak dapat
diselesaikan." Tetapi aku justru berusaha sekuat tenaga.
10. Ketika aku pergi ke rumah Semaya bin Delaya bin Mehetabeel,
sebab ia berhalangan datang, berkatalah ia: "Biarlah kita bertemu
di rumah Allah, di dalam Bait Suci, dan mengunci pintu-pintunya,
karena ada orang yang mau datang membunuh engkau, ya, malam ini
mereka mau datang membunuh engkau."
11 Tetapi kataku: "Orang manakah seperti aku ini yang akan
melarikan diri? Orang manakah seperti aku ini dapat memasuki Bait
Suci dan tinggal hidup? Aku tidak pergi!"
12 Karena kuketahui benar, bahwa Allah tidak mengutus dia. Ia
mengucapkan nubuat itu terhadap aku, karena disuap Tobia dan
Sanbalat.
13 Untuk ini ia disuap, supaya aku menjadi takut lalu berbuat
demikian, sehingga aku berdosa. Dengan demikian mereka mempunyai
kesempatan untuk membusukkan namaku, sehingga dapat mencela aku.
14 Ya Allahku, ingatlah bagaimana Tobia dan Sanbalat
masing-masing telah bertindak! Pun tindakan nabiah Noaja dan
nabi-nabi yang lain yang mau menakut-nakutkan aku.
15. Maka selesailah tembok itu pada tanggal dua puluh lima
bulan Elul, dalam waktu lima puluh dua hari.
16 Ketika semua musuh kami mendengar hal itu, takutlah semua
bangsa sekeliling kami. Mereka sangat kehilangan muka dan menjadi
sadar, bahwa pekerjaan itu dilaksanakan dengan bantuan Allah
kami.
17 Pada masa itu pula para pemuka Yehuda mengirim banyak surat
kepada Tobia, dan sebaliknya mereka menerima surat-surat dari
padanya,
18 karena banyak orang di Yehuda mempunyai ikatan sumpah dengan
dia, sebab ia adalah menantu Sekhanya bin Arah, sedang Yohanan,
anaknya, mengambil anak Mesulam bin Berekhya sebagai isteri.
19 Juga mereka sebut-sebut segala kebaikan Tobia di mukaku dan
segala perkataanku terus dibeberkan kepadanya. Pula Tobia
mengirim surat-surat untuk menakut-nakutkan aku.

Get Free .CO.CC and .CC.CC Domain name No Ads!
CO.
CC supports for CNAME, A, MX, NS records!

WWW. .CO.CC

e.g. www.myname.co.cc, www.myname2.co.cc

Powered by CO.CC:Free Domain

  © Family Blessing 2009

Back to TOP