Choose a Bible Book or Range
Type your text here
Ignore Case
Highlight Results

July 06, 2008

SELIDIKILAH DIRIMU

BERANILAH MELIHAT KE DALAM DIRI AGAR KELUAR BUAH YANG BAIK DARI HIDUP INI
Nats: Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji (2Korintus 13:5)



Anda adalah orang yang ...; menurut saya, Anda cenderung ...; seperti yang sering saya katakan, Anda itu ...." Demikianlah contoh ungkapan sehari-hari yang sering ditujukan kepada kita, atau sebaliknya, kerap kita tujukan kepada orang lain. Ya, manusia cenderung lebih pintar menilai orang lain daripada memeriksa diri sendiri. Padahal, ketika satu jari menunjuk kepada orang lain, empat jari yang lain mengarah
ke diri sendiri.

Paulus mengajak jemaat Korintus untuk lebih banyak menyelidiki diri sendiri ketimbang menilai orang lain (2Korintus 13:5). Sebab bagi Paulus, menyelidiki diri sendiri sangat penting dalam pertumbuhan rohani. Saat seseorang berani menyelidiki diri sendiri, berarti ia berani melihat kondisi hidupnya apa adanya, termasuk kelemahannya. Dengan menyadari kelemahan diri sendiri, orang dapat bercermin dan
terbuka kepada Allah yang menyelidiki hati. Lalu mengambil langkah untuk memperbaiki diri. Hasilnya, ia lebih tahan uji dibandingkan mereka yang tak pernah memeriksa batin sendiri dan malah asyik menilai apa yang tampak dari orang lain.


Sudahkah kita membangun kebiasaan untuk menyelidiki diri sendiri? Atau, kita hanya pintar "mengutak-atik" hidup orang lain dan marah apabila orang lain meneliti hidup kita? Mari memperbanyak waktu untuk melihat ke dalam diri supaya kita lebih waspada dan juga toleran terhadap orang lain. Orang yang selalu sedia memeriksa batinnya
setiap saat ibarat seseorang yang rajin membersihkan rumahnya dari debu dan sampah. Hati kita pun akan bersih bila kita bersedia selalu membersihkannya bersama dengan Allah.

2 Korintus 13:1-10

1. Ini adalah untuk ketiga kalinya aku datang kepada kamu: Baru
dengan keterangan dua atau tiga orang saksi suatu perkara sah.
2 Kepada mereka, yang di masa yang lampau berbuat dosa, dan
kepada semua orang lain, telah kukatakan terlebih dahulu dan aku
akan mengatakannya sekali lagi--sekarang pada waktu aku berjauhan
dengan kamu tepat seperti pada waktu kedatanganku kedua
kalinya--bahwa aku tidak akan menyayangkan mereka pada waktu aku
datang lagi.
3 Karena kamu ingin suatu bukti, bahwa Kristus berkata-kata
dengan perantaraan aku, dan Ia tidak lemah terhadap kamu,
melainkan berkuasa di tengah-tengah kamu.
4 Karena sekalipun Ia telah disalibkan oleh karena kelemahan,
namun Ia hidup karena kuasa Allah. Memang kami adalah lemah di
dalam Dia, tetapi kami akan hidup bersama-sama dengan Dia untuk
kamu karena kuasa Allah.
5 Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam
iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu,
bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak
demikian, kamu tidak tahan uji.
6 Tetapi aku harap, bahwa kamu tahu, bahwa bukan kami yang
tidak tahan uji.
7. Kami berdoa kepada Allah, agar kamu jangan berbuat jahat
bukan supaya kami ternyata tahan uji, melainkan supaya kamu ini
boleh berbuat apa yang baik, sekalipun kami sendiri tampaknya
tidak tahan uji.
8 Karena kami tidak dapat berbuat apa-apa melawan kebenaran;
yang dapat kami perbuat ialah untuk kebenaran.
9 Sebab kami bersukacita, apabila kami lemah dan kamu kuat. Dan
inilah yang kami doakan, yaitu supaya kamu menjadi sempurna.
10 Itulah sebabnya sekali ini aku menulis kepada kamu ketika
aku berjauhan dengan kamu, supaya bila aku berada di
tengah-tengah kamu, aku tidak terpaksa bertindak keras menurut
kuasa yang dianugerahkan Tuhan kepadaku untuk membangun dan bukan
untuk meruntuhkan.

Get Free .CO.CC and .CC.CC Domain name No Ads!
CO.
CC supports for CNAME, A, MX, NS records!

WWW. .CO.CC

e.g. www.myname.co.cc, www.myname2.co.cc

Powered by CO.CC:Free Domain

  © Family Blessing 2009

Back to TOP