Choose a Bible Book or Range
Type your text here
Ignore Case
Highlight Results

January 09, 2011

(e-RH) Januari 10 -- TUHAN ATAS HARI DEPAN

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 10 Januari 2011
Bacaan : Yeremia 29:10-14
Setahun: Kejadian 28-30
Nats: Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada
pada-Ku mengenai kamu ... yaitu rancangan damai sejahtera dan
bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan
yang penuh harapan (Yeremia 29:11)

Judul:

TUHAN ATAS HARI DEPAN

Kitab Yeremia berkisah tentang bangsa Israel yang menjalani masa
pembuangan di Babel. Kembali menjadi bangsa budak; bangsa jajahan.
Dalam situasi demikian, Yeremia mengirimkan surat kepada orang-orang
Israel di pembuangan. Isinya seputar janji pemulihan Allah bagi
Israel setelah masa tujuh puluh tahun pembuangan di Babel (ayat 10).

Isi surat Yeremia ini menjadi angin sejuk bagi Israel yang dalam
kondisi demikian bisa jadi mempertanyakan penyertaan Tuhan. Mereka
adalah bangsa pilihan, tetapi harus mengalami pembuangan dan tak
tahu masa depan mereka kelak. Betapa tidak, Yeremia memakai
pernyataan yang senada dengan kata-kata Musa pemimpin yang
membebaskan Israel dari perbudakan Mesir. "Apabila kamu mencari Aku,
kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap
hati" (ayat 13; bandingkan Ulangan 4:29). Ini tak ubahnya
pengulangan perintah yang mengingatkan sekaligus meneguhkan mereka.

Seperti Israel yang ragu dan tak tahu pada masa depan mereka, kita
pun buta akan hari depan. Namun, janji Tuhan pasti: memberikan hari
depan yang penuh harapan (ayat 11). Syaratnya, kita sungguh-sungguh
berseru, berdoa, dan mencari Dia dengan segenap hati sabar dan setia
di masa duka; bersyukur dan tetap mawas diri di kala suka. Lirik
lagu dari buku Nyanyikanlah Kidung Baru no. 48 ini kiranya
menguatkan kita: Tak kutahu 'kan hari esok, namun langkahku
tegap/Bukan surya kuharapkan, kar'na surya 'kan lenyap/Oh tiada ku
gelisah, akan masa menjelang/Ku berjalan serta Yesus, maka hatiku
tenang/Banyak hal tak kupahami, akan masa menjelang/Tapi t'rang
bagiku kini, tangan Tuhan yang pegang --SS

TUHAN YANG MAHATAHU
MEMIMPIN KITA MENAPAKI HARI DEPAN YANG TAK PERNAH KITA TAHU

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2011-01-10
e-RH
arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2011/01/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yeremia+29:10-14

Yeremia 29:10-14

10 Sebab beginilah firman TUHAN: Apabila telah genap tujuh puluh
tahun bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu. Aku akan
menepati janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke
tempat ini.
11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada
pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan
damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan
kepadamu hari depan yang penuh harapan.
12 Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka
Aku akan mendengarkan kamu;
13 apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu
menanyakan Aku dengan segenap hati,
14 Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN,
dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu
dari antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu
telah Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan
mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang
kamu. --

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+28-30


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

Get Free .CO.CC and .CC.CC Domain name No Ads!
CO.
CC supports for CNAME, A, MX, NS records!

WWW. .CO.CC

e.g. www.myname.co.cc, www.myname2.co.cc

Powered by CO.CC:Free Domain

  © Family Blessing 2009

Back to TOP